berfungsi mengatur saat membuka dan menutupnya katup-katup, sesuai dengan kondisi pengendaraan
Macam macam
Mekanisme Katup
pada mesin 4 langkah baik diesel maupun mesin bensin memiliki satu atau dua
buah katup masuk dan katup buang pada
setiap ruang bakar. Campuran udara dan bahan bakar masuk ke silinder melalui
katup masuk dan gas buang (gas hasil pembakaran) keluar dari dalam silinder melalui katup
buang. Mekanisme membuka dan menutupnya katup-katup ini disebut mekanisme katup.
a. Tipe Over Head Valve (OHV)
Pada tipe ini penempatan camshaft/poros nok nya terdapat pada blok silinder, pergerakan katup dibantu dengan valve lifter(tappet) dan push rod yang digerakkan oleh camshaft / poros nok, lalu push rod akan mendorong rocker arm, yang dimana setiap katup dari berbagai brand / merk memiliki celah katup yang berbeda beda. Mekanisme katup ini sederhana dan high reliability.
a. Tipe Over Head Valve (OHV)
Pada tipe ini penempatan camshaft/poros nok nya terdapat pada blok silinder, pergerakan katup dibantu dengan valve lifter(tappet) dan push rod yang digerakkan oleh camshaft / poros nok, lalu push rod akan mendorong rocker arm, yang dimana setiap katup dari berbagai brand / merk memiliki celah katup yang berbeda beda. Mekanisme katup ini sederhana dan high reliability.
b.Tipe Over
Head Camshaft (OHC)
Tipe ini
sedikit lebih rumit dibandingkan dengan tipe OHV. Namun tipe ini tidak menggunakan lifter dan push rod,sehingga berat
bagian yang bergerak menjadi berkurang. Kemampuan pada kecepatan tinggi cukup
baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih cepat pada kecepatan tinggi.
Pada tipe ini camshaft ditempatkan di atas kepala silinder dan camshaft
tepatnya cam lubenya langsung menekan dan menggerakkan rocker arm tanpa melalui
lifter valve dan push rod. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai
/ timing chain atau tali penggerak / vanbelt .
dengan rantai
dengan vanbelt
c. Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)
Pada tipe ini, dua camshaft digerakkan langsung
dengan sebuah sabuk dan intake camshaft digerakkan oleh exhaust camshaft
melalui sebuah roda gigi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar