Selasa, 04 Februari 2014

MEKANISME KATUP (VALVE)

berfungsi mengatur saat membuka dan menutupnya katup-katup, sesuai dengan kondisi pengendaraan

Macam macam Mekanisme Katup pada mesin 4 langkah baik diesel maupun mesin bensin memiliki satu atau dua buah  katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakar. Campuran udara dan bahan bakar masuk ke silinder melalui katup masuk dan gas buang (gas hasil pembakaran)  keluar dari dalam silinder melalui katup buang. Mekanisme membuka dan menutupnya katup-katup ini disebut mekanisme katup.
a. Tipe Over Head Valve (OHV)
Pada tipe ini penempatan camshaft/poros nok nya terdapat pada blok silinder, pergerakan katup dibantu dengan valve lifter(tappet) dan push rod yang digerakkan oleh camshaft / poros nok, lalu push rod akan mendorong rocker arm, yang dimana setiap katup dari berbagai brand / merk memiliki celah katup yang berbeda beda. Mekanisme katup ini sederhana dan high reliability.


b.Tipe Over Head Camshaft (OHC)
Tipe ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan tipe OHV. Namun tipe ini tidak menggunakan lifter dan push rod,sehingga berat bagian yang bergerak menjadi berkurang. Kemampuan pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih cepat pada kecepatan tinggi. Pada tipe ini camshaft ditempatkan di atas kepala silinder dan camshaft tepatnya cam lubenya langsung menekan dan menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter valve dan push rod. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai / timing chain atau tali penggerak / vanbelt .
dengan rantai

dengan vanbelt
c. Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)
Pada tipe ini, dua camshaft digerakkan langsung dengan sebuah sabuk dan intake camshaft digerakkan oleh exhaust camshaft melalui sebuah roda gigi.
Tipe ini menggunakan dua camshaft yang ditempatkan di atas kepala silinder satu untuk menggerakkan katup masuk dan yang lainnya untuk menggerakkan katup buang. Camshaft secara langsung membuka dan menutup katup-katup tanpa melalui rocker arm. Berat konstruksi menjadi berkurang, membuka dan menutup katup menjadi lebih presisi pada putaran tinggi. Konstruksi tipe ini sangat rumit, namun mempunyai kemampuan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar