Harus mengetahui FO
atau firing order (biasanya tulisan FO terdapat pada cover cylinder head). Untuk
FO hino 6 cylinder adalah 1-4-2-6-3-5
Menepatkan tanda panah
pada housing fly wheel ke tanda pada fly wheel, Biasanya di fly wheel engine
terdapat tanda 1.4 (itu berarti top 1 dan top 4) untuk 10 cylinder. Dan yang
untuk 6 cylinder biasanya tanda 1.6 (itu berarti top 1 dan top 6). Nah tanda
tersebut untuk menentukan mana yang harus disetel, top 1 atau top 6.
Nah,
untuk mengetahui top 1 atau top 6 yang harus disetel pada saat tanda 1.6 sudah
tepat ke jarum penunjuk pada flywheel housing yaitu,,kita cek klep piston no 1
dan klep piston no 6, apabila klep in dan ex piston no 1 bebas semua/masih bisa
digerakkan maka itulah top yang harus disetel duluan, dan apabila klep dicek
kok masih belum bebas semua, maka flywheel harus diputar sebesar 360° atau satu
putaran penuh sampai tanda 1.6 kembali seperti semula.
Untuk mengukur celah
klep atau valve clearence biasanya menggunakan alat yang namanya fuller gauge,
untuk hino celah klep ukurannya adalah : untuk klep yang in (inlet) : 0,30 mm. Dan klep yang ex (exhaust) : 0,40 mm pada saat kondisi mesin dingin.
Ada caranya untuk
menentukan klep mana yang harus disetel duluan yaitu:
Cylinder no.
|
1
|
4
|
2
|
6
|
3
|
5
|
||||||
Valve arangement
|
in
|
ex
|
in
|
ex
|
in
|
ex
|
in
|
ex
|
in
|
ex
|
in
|
ex
|
No. of valve
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
With no.1 piston at T.D.C
|
☻
|
☻
|
☻
|
☻
|
☻
|
☻
|
||||||
With no.6 piston at T.D.C
|
☻
|
☻
|
☻
|
☻
|
☻
|
☻
|
Jadi klep
yang harus disetel pada top 1 adalah :
Cylinder no 1 klep in
dan klep ex
Cylinder no 2 klep in
Cylinder no 3 klep in
Cylinder no 4 klep ex
Untuk cylinder no 5 dan
6 klep nya tidak disetel, nanti pada saat top 6 dengan cara memuter fly wheel
satu putaran penuh dan kembali pada tanda 1.6
Dan
untuk top 6 klep yang harus didetel adalah :
Cylinder no 2 klep ex
Cylinder no 3 klep ex
Cylinder no 4 klep in
Cylinder no 5 klep in
dan klep ex
Cylinder no 6 klep in
Jangan
lupa : celah klep ukurannya adalah : untuk klep yang in (inlet) : 0,30 mm. Dan klep yang ex (exhaust) : 0,40 mm pada saat kondisi mesin
dingin.
Mungkin ini saja yang
dapat saya bagikan ilmu yang saya miliki pada hari ini, apabila ada yang salah
mohon dikoreksi dan dimaafkan,,namanya juga manusia bos..
Bagai mana bisa dipastikan titik titik merah bulat itu diposisi yg anda buat itu benar
BalasHapusCylinder no 6 klep ex nya ga di setel.
BalasHapusSetau saya top 1 yg disetel 1in 1x 4x 2x, 3in 5in
BalasHapusItu 5 silinder
Hapuskenapa ukuran y harus lebih kecil dari ex mas
BalasHapusUntuk mitsubihisi 220 6 cilinder ukuran klep.y brpa
BalasHapus50x50
HapusSaya pernah stel klep
HapusTop 1: 1(in/ex), 2(in),3(ex),4(in),5(ex)
Top 6: 6(in/ex),5(in),4(ex),3(in),2(ex).
Gmn mas pndapatnya,
Betul sekali mas,cara ini yg lebih mudah dan sering di pakai mekanik
HapusIni yg benar mas
HapusKlo gak salah itu setelan utk fo 153624
HapusSalah itu...
BalasHapusMabuk kah anda yg punya link ini.... salah besar tau
BalasHapusItu mah salah ,
BalasHapusBagaimana utk mencari FO mesin Hino V22C 10 silinder gan
BalasHapusBagaimana utk mencari FO mesin Hino V22C 10 silinder gan
BalasHapusTop1;klep yg distel(1,2,3,6,7,10) & setelah di putar 360 derajat. Top6;klep yg distel(4,5,8,9,11,12)
HapusKayanya salah ini
BalasHapusBang kalau ukuran klepnya lebih gede,apa tenaganya lebih kuat
BalasHapusApa gak bikin hancur mesin utk FO 142635 min...klu penyetelan klepnya kayak diatas...
BalasHapusMasak top piston no 1....klep piston no 6 disetel jg....
BalasHapusyg benar itu
BalasHapustop 1 ,no 1 in-ex,2 ex,3 in,4 ex,5 in,6 over lap
top 2, no 1 over lap,2 in,3 ex,4 in,5 ex,6 in-ex...260 ti JD J08E
Kalau untuk cari top dan cara stel klep pada mesin HINO K13C bagai mana ya?..
BalasHapus