Selasa, 18 Februari 2014

TURBO INTERCOOLER



Pengertian turbo telah dijelaskan pada pembahasan turbo charger sebelumnya, cara kerja nya juga sudah dijelaskan.
manfaat turbo sendiri adalah:
dengan adanya turbo,tekanan udara pada intake manìfold menjadi tinggi.Maka ketika intake manifold menjadi tinggi. Maka ketika intake valve terbuka, udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalam ruang bakar. Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien.
intercooler sangat diperlukan. Pada saat didorong masuk oleh turbo, tekanan udara akan meningkat, demikian pula dengan suhu. Untuk mesin, pemanasan udara masuk ini berdampak buruk. Diantaranya :
1.      Menaikan temperatur ruang bakar.
2.      Panas akan membuat udara memuai sehingga kerapatan udara berkurang.
Disinilah intercooler dibutuhkan sebagai penyeimbang. intercooler ialah pelepas panas, seperti radiator namun bukan untuk mendinginkan engine, melainkan mendinginkan udara masuk yang melaluinya. Dengan menurunnya suhu yang masuk ke mesin ini ada dua manfaat yang di peroleh yaitu:
1.      temperatur ruang bakar yang rendah
2.      kerapatan udara yang meningkat,
jadi volume udara dapat masuk lebih banyak kedalam silinder.
Kebanyakan turbocharger memiliki wastegate valve, semacam katup pengaman yang memungkinkan gas buang menerobos keluar tanpa melewati turbin. Katup ini bekerja berdasarkan sensor tekanan. Bila tekanan udara terlalu tinggi, berarti turbin berputar terlalu cepat, maka exhaust gas dibuang lewat wastegate valve, hingga rotasi turbin melambat.
Wastegate valve sangat diperlukan pada mesin diesel yang memiliki turbo, Jika gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih cepat,menyebabkan jumlah udara yang dihisap dan didorong oleh blower impeller kedalam intek manifold pun bertambah banyak, bahkan dapat berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar