Sama halnya mahluk hidup/manusia, mesin kendaraan juga
suatu saat akan mengalami yang namanys sakit
yang disebabkan oleh adanya bagian/part/komponen di dalam mesin yang
kemungkinan harus di ganti karena faktor usia pakai ataupun hanya dengan di
stel ulang saja. hal yang paling mudah untuk mengetahui ataupun mendeteksinya
adalah dengan mendengarkan suara mesin kendaraan anda.
Mobil yang sehat, suara mesinnya akan terdengar halus. Jika anda mulai mendengar suara-suara aneh yang sumbernya ada didalam mesin, coba periksa/dibawa kebengkel resmi jika anda tidak mempunyai basic otomotif. Karena suara aneh pada mesin tersebut, merupakan tanda kerusakan pada komponennya, seperti berikut ini:
1. Suara slaping / klik-klik yang teratur. Penyebabnya : pergerakan katup, hal ini dikarenakan celah katup atau klep or valve sudah mengalami kelonggaran. Untuk perbaikan : lakukan pengesetan celah bebas katup dengan menggunakan feeler gauge atau bawalah kebengkel resmi.
2. Suara knocking pada mesin saat ada beban atau putaran dipercepat. Penyebabnya :
Mobil yang sehat, suara mesinnya akan terdengar halus. Jika anda mulai mendengar suara-suara aneh yang sumbernya ada didalam mesin, coba periksa/dibawa kebengkel resmi jika anda tidak mempunyai basic otomotif. Karena suara aneh pada mesin tersebut, merupakan tanda kerusakan pada komponennya, seperti berikut ini:
1. Suara slaping / klik-klik yang teratur. Penyebabnya : pergerakan katup, hal ini dikarenakan celah katup atau klep or valve sudah mengalami kelonggaran. Untuk perbaikan : lakukan pengesetan celah bebas katup dengan menggunakan feeler gauge atau bawalah kebengkel resmi.
2. Suara knocking pada mesin saat ada beban atau putaran dipercepat. Penyebabnya :
Ø Pada
mesin bensin
Biasanya bensin
beroktan rendah, endapan karbon, waktu penyalaan yang terlalu cepat.
Perbaikannya: ganti
bensin dengan oktan lebih tinggi, bersihkan endapan karbon dan set waktu
penyalaan dengan benar.
Ø Pada
mesin diesel
Terjadinya hydro lock
(penumpukan cairan solar pada ruang bakar), sehingga akan ada benturan /
tumbukan antara piston, solar, dan cylinder head.hal ini disebabkan karena
penyetelan nozzle yang kurang tepat/nozlle yang tidak bisa mengabutkan bahan
bakar.
Perbaikannya : stel
ulang nozzle atau ganti apabila nozzle tidak mau mengabut. (untuk diesel truck
biasanya tekanan nozzle normal antara 180-220 psi)
3. Suara ketokan/dentaman yang pelan saat piston naik. Penyebabnya : bantalan di pin piston aus, kesalahan pada saat pemasangan batang piston (connecting rod), kurang oli.
4. Suara ketokan logam dua kali terdengar saat mesin tanpa beban. Penyebabnya : pin piston sudah aus atau longgar.
5. Suara bergetar sewaktu percepatan. Penyebabnya : ring piston atau dinding silinder sudah aus atau patah, tegangan ring piston rendah, sehingga tekanan kompresi akan bocor/rendah
6. Suara berdecit-decit yang singkat di cylinder head. Penyebabnya : piston menggores dinding silinder, badan piston patah, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.
7. Suara ketokan antar logam berdentam (saat mesin mendapat beban atau dipercepat). Jika deraunya teratur, bantalan luncur poros engkol sudah aus. Jika deraunya tak teratur dan tajam, bantalan duduk (thrust bearing) sudah aus.
Yang harus diwaspadai dari semuanya adalah kualitas oli dan viscositas oli sebagai bahan pelumas dan volumenya yang tidak boleh berkurang, karena oli ini memiliki peran yang sangat penting pada mesin kendaraan, yang berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin yang bergesekan dan bergerak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar