Jumat, 28 Maret 2014

gejala kompresi turun dan keluar asap dari selang pernafasan (Breather)



Kenali Gejala Kompresi Turun Umumnya gejala tenaga mesin berkurang ini di ikuti dengan asap knalpot yang terasa perih di mata. Atau pada mesin diesel ,umumnya di tambah warna asap yang pekat. Kompresi Turun Masalah utama terletak  pada turunnya kompresi ruang bakar. Perlu di ingat, kompresi adalah syarat terjadinya langkah tenaga setelah ledakan dalam proses pembakaran mesin.
Penyebab paling umum adalah :

  • penumpukan kerak di kepala silinder. Biasanya secara reflek pengemudi akan menambah injakan gas bila merasakan tenaga mesin loyo. Akibatnya terjadi pemborosan bbm.
  • Turunnya kompresi juga bisa di akibatkan tumpukan kerak pada klep yang membuat kedudukan klep di kepala silinder tak rapat.

Hal itu berakibat pada langkah kompresi, tekanan yang di perlukan di ruang bakar
tak cukup untuk menghasilkan ledakan maksimal. Selain boros, performa mesin akan turun signifikan. Mesin perlu di bongkar sebatas kepala silinder (top overhaul)
Penyebab yang lebih parah adalah

  • ausnya ring piston.

Guna memperbaiki, turun mesin saja hingga kondisi jeroan mesinnya bisa di periksa langsung. Bila tenaga ngempos dan bahan bakar boros tapi oli mesin tak berkurang, penyakitnya kemungkinan hanya di kepala silinder. Tapi kalau oli berkurang tanpa ada ke bocoran, berarti hilang lantaran ikut terbakar. Ring piston adalah gelang yang menempel di piston. Fungsinya menjaga clearence (celah) di antara piston dan dinding silinder (liner) hingga isi ruang bakar tak menyeberang ke dalam mesin, begitu pula sebaliknya. Ada sepasang ring di tiap piston : kompresi (atas) dan oli (bawah).

  • Bila yang rusak ring kompresi, asap knalpotnya enggak ngebul. Tandanya bisa terlihat di saluran napas kepala silinder (breather) yang berasap / basah hingga mengotori filter udara yang tersambung breather.

  •  Tapi kalau yang kena ring oli, asap knalpot jadi putih. Selain keausan material,  penyebab kebocoran kompresi dari ring gara-gara kualitas oli yang jelek serta jadwal ganti oli yang tidak tepat. Liner adalah lapisan metal pada dinding silinder yang berinteraksi langsung dengan ring piston. Jadi selain ring piston, liner juga ikut aus dan harus di ganti bila ganti piston. Pada mesin canggih berbahan aluminium linernya hanya berupa coating, bukan material keras. Jadi bila kompresi turun, ya harus ganti mesin.

12 komentar:

  1. Punya saya yanmartf105 keluar asap di sertai oli pada selang pernapasan tolong d bantu solosi

    BalasHapus
  2. Punya saya yanmartf105 keluar asap di sertai oli pada selang pernapasan tolong d bantu solosi

    BalasHapus
  3. Mesin yanmar tf105 saya juga sama dari selang pernapasan keluar oli dan knalpot asapnya putih tolong di d bantu

    BalasHapus
  4. Itu SMA puxa saya masalahx udah beberapa kali servis tetep saja bahkan sampai ganti rotor pump oli sama liner

    BalasHapus
  5. Mobil saya asapnya keluar lewat selang pernapasan mesin kira-kira penyebabnya apa sahabat ku

    BalasHapus
  6. Mobil saya keluar oli dari selang pernapasan tolong bantuin sob.....

    BalasHapus
  7. mobil dump truck keluar air di penguapan

    BalasHapus
  8. Mesin saya tianli1133 keluar asap di hidung kap mesin.kalau mesin panas tanda oli turun.apa penyebab nya gan

    BalasHapus
  9. Mesin saya tianli 1133 keluar asap di hidung kap mesin.kalau mesin panas tanda oli turun.tolong solusinya

    BalasHapus
  10. Bg mohon di jawab, motor ane supra fit, klw motor panas keluar asap dari selang pernafasan yg di krengkes dan di tutup klep in,(soal nya pake selang pendingin) itu penyebab nya apaan bg??.
    Piston dan blok amak,mng udah di cek

    BalasHapus