GANGGUAN/KERUSAKAN
|
KEMUNGKINAN
PENYEBAB
|
PEMERIKSAAN
atau PERBAIKAN
|
1.
Pemindahan antar gigi sulit
|
a. Poros
persneling atau penyambung bengkok
|
perbaiki
|
b. Kabel
kopling tidak disetel dengan baik
|
Periksa
setelannya atau ganti
|
|
c. Garpu
persneling aus
|
Ganti
|
|
d. Poros
persneling aus
|
Ganti
|
|
e. Roda
gigi atau selongsong synchronizer macet pada poros atau pemutarnya
|
Ganti
bagian-bagian yang aus
|
|
f. Cincin
atau pegas penyerempak aus
|
Ganti
bagian-bagian yang aus
|
|
g. Gigi
eksternal aus atau mengelupas
|
Ganti roda
gigi
|
|
h. Poros
input atau bantalan pilot bengkok
|
Ganti
bantalan pilot atau poros input
|
|
i. Level
pelumas rendah
|
Isi
pelumas sampai level yang sesuai
|
|
j.
Menggunakan pelumas yang tudak sesuai
|
Keluarkan
dan ganti pelumas yang sesuai
|
|
2.
Transmisi macet pada salah satu gigi
|
a. Poros
persneling atau penyambung bengkok
|
perbaiki
|
b. Penekan
persneling macet
|
perbaiki
|
|
c. Kopling
tidak terbatas
|
Perbaiki
kabel kopling
|
|
d.
Penyerempak macet
|
Ganti
penyerempak
|
|
e. Level
pelumas rendah
|
Isi
pelumas sampai level yang sesuai
|
|
3.
Transmisi melompat antar gigi
|
a. Pegas
penekan lemah
|
Ganti
|
b.
Bantalan poros input atau output aus
|
Ganti
|
|
c.
Bantalan pilot aus
|
Ganti
|
|
d. Poros
atau roda gigi koclak berlebihan
|
Ganti
cincin pendorong yang aus
|
|
e.
Selongsong penyerempak aus
|
Ganti
penyerempak dan roda gigi
|
|
f. Pasak
poros input longgar atau patah
|
Ganti
|
|
g. Rumah
kopling atau transmisi longgar
|
Kencangkan
baut-baut pengikat
|
|
h.
Transmisi tidak sejajar
|
Periksa
kesejajarannya
|
|
4.
Terjadi benturan roda gigi
|
a.
Penyerempak aus
|
Ganti
|
b. Kopling
menggesek
|
Perbaiki
kopling
|
|
c.
Bantalan pilot atau poros input bengkok
|
Perbaiki
bantalan atau poros
|
|
d.
Kecepatan idle engine tinggi
|
Setel
|
|
e. Level
pelumas rendah atau kualitas pelumas tidak sesuai
|
Isi dengan
pelumas yang kualitasnya baik pada level yang sesuai
|
|
5.
Transmisi gaduh/kasar pada roda gigi
|
a. Cakram
kopling rusak
|
Ganti
|
b. Celah
antara roda gigi dengan poros utama berlebihan
|
Ganti roda
gigi
|
|
c.
Bantalan aus atau rusak
|
Ganti
|
|
d. Gigi
pada roda gigi patah
|
Ganti roda
gigi
|
|
e. Roda
gigi pinion speedometer aus
|
Ganti
|
|
f.
Penyerempak aus
|
Ganti
|
|
g.
Bantalan pilot aus
|
Ganti
|
|
h. Level
pelumas rendah
|
Isi pada
level yang sesuai
|
|
i.
Transmisi tidak sejajar
|
Periksa
kesejajaran
|
|
j.
Bantalan poros counter aus atau cincin menjepit
|
Ganti bagian-bagian
yang aus
|
|
6.
Transmisi gaduh/kasar pada saat netral
|
a.
Bantalan poros input aus
|
Ganti
|
b. Roda
gigi aus atau patah
|
Ganti
|
|
7.
Transmisi gaduh/kasar pada saat mundur
|
a. Roda
gigi idle mundur atau bos poros aus/rusak
|
Ganti
|
b. Roda
gigi mundur pada poros utama aus/rusak
|
Ganti
|
|
c. Roda
gigi counter aus atau rusak
|
Ganti
|
|
d.
Mekanisme pemindah rusak
|
Perbaiki,
ganti bagian-bagian yang rusak, setel kembali
|
|
8.
Tidak ada tenaga yang melewati transmisi
|
a. Kopling
tidak menekan
|
Perbaiki kopling
|
b. Gigi
pada roda gigi mengelupas
|
Ganti roda
gigi
|
|
c. Garpu
poros patah atau longgar
|
Ganti
|
|
d. Poros
input atau output patah
|
Ganti
|
|
9. Oli
transmisi bocor
|
a. Pelumas
yang tidak tepat atau level pelumas yang terlalu tinggi sehingga terbentuk busa
|
Isi dengan
pelumas yang sesuai dengan level
|
b. Gasket
bocor
|
Ganti
|
|
c. Seal
oli rusak
|
Ganti
|
|
d. Sumbat
pengisi oli longgar
|
Kencangkan
|
|
e. Seal
pinion speedometer bocor
|
Ganti seal
|
|
f. Box
atau rumah ekstensi retak
|
Ganti
|
|
g. Box
atau seal rumah ekstensi aus
|
Ganti
|
Sabtu, 08 Maret 2014
Gangguan atau Kerusakan Transmisi Manual
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar