1. Komponen utama, yaitu : kepala silinder (cylinder head), blok silinder (cylinder block), piston, batang piston (connecting rod), poros nok (camshaft), poros engkol (crankshaft), roda penerus (fly wheel)
2. komponen pendukung, yaitu: sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem intake dan ex haust, sistem bahan bakar, dan sistem kelistrikan.
- BLOK SILINDER (CYLINDER BLOCK)
- KEPALA SILINDER (CYLINDER HEAD)Berfungsi sebagai tempat ruang bakar dan katup-katup (intake dan ex haust). Terbuat dari besi tuang dan paduan alumunium, agar tahan temperatur dan tekanan tinggi.
- PISTON
Piston berfungsi menerima tekanan pembakaran dan meneruskan tekanan hasil pembakaran untuk memutarkan crankshaft.
- CONNECTING ROD
- POROS NOK (CAMSHAFT)
- POROS ENGKOL (CRANKSHAFT)
Berfungsi mengubah gerak bolak-balik piston menjadi gerak putar melalui conecting rod. Terbuat dari bahan baja khusus, dengan jurnal (crank journal) dan pin (crank pin), crankshaft diperkeras (quenching) berulang kali agar lebih keras dan tahan gesekan. Beban penyeimbang (balance wweight) dipasang pada crankshaft untuk mengindari ketidak seimbangan saat berputar.
- RODA PENERUS (FLYWHEEL)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar