Sabtu, 19 April 2014

priming pump

a. Kegunaan
Pompa priming (priming pump), saringan bahan bakar dan sedimeter biasanya tergabung dalam satu group.
  1. Pompa priming, digunakan untuk membuang udara dari dalam sistem bahan bakar. Apabila tangki bahan bakar kosong (bahan bakar habis) atau ketika ada penggantian komponen sistem bahan bakar atau ada sambungan pada sistem bahan bakar yang tidak rapat, udara akan masuk ke dalam sistem bahan bakar. Kemungkinan udara tersebut bisa masuk ke dalam feed pump atau plunyer pompa injeksi sehingga mengakibatkan mesin tidak bisa hidup.
  2. Saringan bahan bakar, berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada pada bahan bakar agar tidak masuk ke dalam pompa injeksi. Kotoran yang ada di dalam tangki bahan bakar dicegah agar tidak masuk ke dalam feed pump ataupun pompa injeksi. Kotoran tersebut bisa menyebabkan keausan pada komponen pompa dan mungkin juga menyebabkan penyumbatan pada aliran bahan bakar, misalnya pada noozle atau katup pengiriman. Akibatnya, aliran bahan bakar menjadi tidak lancar dan menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Kondisi ini mengakibatkan mesin kurang tenaga.
  3. Sedimeter, bertugas memisahkan air dari dalam bahan bakar agar tidak masuk ke dalam pompa injeksi. Air dalam sistem bahan bakar menyebabkan terjadinya korosi pada komponen dan saluran dalam sistem bahan bakar serta mengganggu proses pembakaran mesin. Untuk mencegah hal itu, air dipisahkan dalam sedimeter. Apabila jumlah air melebihi batas maksimal, lampu indikator akan menyala dan air harus dibuang dari dalam sedimeter.
Berikut ini ditunjukkan gambar grup komponen di atas (pompa injeksi tipe distributor) dan juga tipe lain dari priming pump pada pompa injeksi tipe in-line.
 
Priming Pump untuk Pompa Injeksi Tipe Distributor

 
 Priming Pump untuk Pompa Injeksi Tipe In-Line

b. Perawatan  
  • Lakukan pembuangan udara dari dalam sistem bahan bakar dengan cara menggerakkan/menekan pompa priming secara manual, gambar (A). Kemudian kendorkan mur pipa union pada sisi penahan noozle, gambar (B). Hidupkan mesin untuk membuang udara keluar sistem dan menekan bahan bakar keluar dari pipa injeksi.  
Pembuangan Udara dari Sistem Bahan Bakar
 
  • Ganti saringan bahan bakar jika telah mencapai batas pemakaian yang ditentukan oleh produsen mesin. Lakukan pembuangan udara setelah dilakukan penggantian saringan.
  • Lakukan pembuangan air dari dalam sedimeter dengan cara membuka baut pelepasan yang ada pada bagian bawah saringan bahan bakar.
Baut Pelepasan Air pada Sedimeter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar