Katup pengiriman dipasang pada pompa injeksi dan ditempatkan pada kepala distributor (pompa injeksi tipe distributor) atau pada rumah pompa (pompa injeksi tipe in-line) dengan sebuah pemegang katup dan pegas.
Kegunaan katup ini untuk membantu noozle agar bahan bakar menutup (berhenti mengalir) pada setiap akhir penginjeksian. Noozle harus menutup dengan cepat dan rapat untuk mencegah bahan bakar menetes (dribble) agar tidak terjadi pembakaran prematur pada siklus pembakaran berikutnya.
Gambar berikut ini menunjukkan posisi dan konstruksi katup pengiriman.
Posisi Katup Pengiriman
Konstruksi Katup Pengiriman
b. Perawatan
Kerusakan katup ini biasanya disebabkan oleh keausan pada dudukan katup atau katup pembebasan (relief valve) yang mengakibatkan bahan bakar tidak bisa cut-off pada setiap akhir penginjeksian. Hal ini menyebabkan karbon menempel (carbon adhesion) pada ujung noozle sehingga bentuk semprotan yang tidak benar. Bahan bakar yang diinjeksikan tidak terbakar seluruhnya dan mengakibatkan terjadinya asap hitam dan peningkatan temperatur gas buang. Kerusakan pada koponen ini tidak bisa diatasi dengan penyetelan atau perbaikan. Sebaiknya dilakukan penggantian komponen lengkap (assembly).
Gambar berikut ini menunjukkan ilustrasi bagaimana bentuk dribble setelah penginjeksian.
Kerusakan katup ini biasanya disebabkan oleh keausan pada dudukan katup atau katup pembebasan (relief valve) yang mengakibatkan bahan bakar tidak bisa cut-off pada setiap akhir penginjeksian. Hal ini menyebabkan karbon menempel (carbon adhesion) pada ujung noozle sehingga bentuk semprotan yang tidak benar. Bahan bakar yang diinjeksikan tidak terbakar seluruhnya dan mengakibatkan terjadinya asap hitam dan peningkatan temperatur gas buang. Kerusakan pada koponen ini tidak bisa diatasi dengan penyetelan atau perbaikan. Sebaiknya dilakukan penggantian komponen lengkap (assembly).
Gambar berikut ini menunjukkan ilustrasi bagaimana bentuk dribble setelah penginjeksian.
Dribble pada Noozle
Tidak ada komentar:
Posting Komentar