Sabtu, 19 April 2014

Pompa injeksi distributor

Bahan bakar yang diinjeksikan melalui noozle diatur banyaknya oleh pompa injeksi dengan tekanan tinggi. Untuk fungsi tersebut, mak pompa injeksi harus mampu dengan akurat mengatur banyaknya bahan bakar sesuai dengan beban mesin, dalam waktu singkat, untuk periode waktu tertentu dan sesuai dengan setiap kondisi beban mesin. Pada jenis pompa injeksi ini menggunakan sebuah pompa plunyer untuk mensuplai bahan bakar ke semua silinder. Pompa injeksi distributor (tipe VE) mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. bahan bakar ke semua silinder. Pompa injeksi distributor (tipe VE) mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: Kecil, ringan dan mampu pada rpm tinggi.
  2. Penghantaran/penekanan bahan bakar dengan cam permukaan dan plunyer tunggal
  3. Di dalam unit pompa terdapat governor.
  4. Terdapat juga pengatur saat penyemprotan yang dikontrol oleh tekanan bahan bakar, dan pompa penyalur/pengisian tipe rotari.
  5. Bahan bakar secara otomatis diputus ketika pengapian dimatikan
  6.  Pelumasan dengan sendirinya.
 
 Aliran bahan bakar pada pompa injeksi distributor
Pompa pengalir (feed pump), pelat nok (cam plate) dan plunyer (plunger) digerakkan oleh poros penggerak (drive shaft). Dua pegas plunyer (plunger spring) menekan plunyer untuk kembali pada posisi semula.
Seperti diilustrasikan pelat nok mempunyai 4 nok (sesuai dengan banyaknya silinder mesin). Ketika pelat nok berputar permukaan nok menaiki rollers dan secara simultan mengerakkan plunyer, oleh karena itu dengan satu putaran pelat nok plunyer juga membuat satu putaran lengkap dengan 4 kali penyemprotan. Bahan bakar untuk satu silinder disemprotkan pada setiap ¼ putaran saat gerak bolak-balik plunyer.
Plunyer pompa mempunyai 4 alur hisap dan satu pintu/saluran distribusi. Ada 4 saluran distribusi dalam silinder. Ketika satu dari 4 alur hisap dalam plunyer bertemu dengan pintu/lubang hisap, penghisapan berlangsung. Penekanan/penginjeksian bahan bakar terjadi ketika pintu/port distribusi plunyer bertemu dengan satu dari 4 saluran distribusi silinder dan bahan bakar diinjeksikan ke setiap silinder oleh injektor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar