Sabtu, 19 April 2014

noozle

a. Kegunaan dan Jenis Noozle
Noozle bertugas untuk menginjeksikan bahan bakar (yang disuplai pompa injeksi) ke dalam silinder pada waktu dan volume bahan bakar yang tepat. Pada saat ini, sebagian besar dari tipe pintle yang digunakan merupakan jenis throtle. Keuntungan noozle throtle adalah hanya sedikit pada saat awal penginjeksian dan meningkat pada saat menjelang akhir penginjeksian. Dalam hal ini, knocking bisa dicegah dan konsumsi bahan bakar menurun. Pada noozle tipe ini juga terdapat gap antara badan noozle dan jarum noozle, dimaksudkan untuk memberi waktu kepada bahan bakar untuk mengalir dan memberi pelumasan pada noozle.
 
Grafik Perbedaan Noozle Tipe Pintle
 b. Perawatan Noozle
  • Pembukaan noozle saat menginjeksikan bahan bakar bergantung pada dua hal, sebagai berikut.Tekanan bahan bakar yang ada di dalam sistem, ditentukan oleh tekanan yang dihasilkan pompa injeksi.
  • Ketegangan tegangan pegas di dalam noozle, ditentukan oleh penyetelan ketegangan pegas.
Tekanan pembukaan noozle pada setiap mesin berbeda, masing masing sudah di seting untuk meyakinkan bahwa bahan bakar yang diinjeksikan akan bercampur dengan udara di dalam silinder dan terbakar dalam waktu yang singkat.
Jika tekanan pembukaan noozle tidak tepat akan mengakibatkan:
1. saat penginjeksian (injection timing) menjadi salah/tidak tepat;
2. banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan menjadi salah/tidak tepat.
Lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut ini.

Tekanan pembukaan
terlalu rendah
terlalu tinggi
saat penginjeksian
maju (advance)
mundur (retard)
banyaknya bahan bakar
terlalu banyak
terlalu sedikit
Untuk itu, tekanan pembukaan noozle harus disetel dengan tepat sehingga bisa didapatkan jumlah dan waktu penginjeksian bahan bakar yang tepat, seperti digambarkan dalam grafik berikut ini.
 
Grafik Banyaknya Bahan Bakar Dibandingkan Tekanan Pembukaan Noozle
Penyetelan tekanan pembukaan noozle bisa dilakukan dengan cara (tergantung konstruksi noozle), sebagai berikut:
1. mengganti/mengatur ketebalan shim dalam noozle;
2. mengatur/memutar posisi baut penyetel yang menekan pegas dalam noozle.
Pada waktu melakukan perawatan noozle, selain pengetesan, tekanan pembukaan awal juga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap bentuk semprotan bahan bakar yang diinjeksikan oleh noozle. Bentuk yang baik membentuk sudut 4derajat. Berikut ini diperlihatkan beberapa bentuk semprotan bahan bakar.
 
Perbandingan Bentuk Semprotan Noozle
Tes kebocoran juga perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bahan bakar tidak akan keluar noozle
(menetes, perhatikan Gambar berikut) sebelum tekanan mencapai tekanan pembukaan noozle yang ditentukan.
 
Noozle Menetes/Kencing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar