Sabtu, 08 Maret 2014

Gangguan atau Kerusakan Transmisi Manual



GANGGUAN/KERUSAKAN
KEMUNGKINAN PENYEBAB
PEMERIKSAAN atau PERBAIKAN
1.   Pemindahan antar gigi sulit
a. Poros persneling atau penyambung bengkok
perbaiki
b. Kabel kopling tidak disetel dengan baik
Periksa setelannya atau ganti
c. Garpu persneling aus
Ganti
d. Poros persneling aus
Ganti
e. Roda gigi atau selongsong synchronizer macet pada poros atau pemutarnya
Ganti bagian-bagian yang aus
f. Cincin atau pegas  penyerempak aus
Ganti bagian-bagian yang aus
g. Gigi eksternal aus atau mengelupas
Ganti roda gigi
h. Poros input atau bantalan pilot bengkok
Ganti bantalan pilot atau poros input
i. Level pelumas rendah
Isi pelumas sampai level yang sesuai
j. Menggunakan pelumas yang tudak sesuai
Keluarkan dan ganti pelumas yang sesuai
2.   Transmisi macet pada salah satu gigi
a. Poros persneling atau penyambung bengkok
perbaiki
b. Penekan persneling macet
perbaiki
c. Kopling tidak terbatas
Perbaiki kabel kopling
d. Penyerempak macet
Ganti penyerempak
e. Level pelumas rendah
Isi pelumas sampai level yang sesuai
3.   Transmisi melompat antar gigi
a. Pegas penekan lemah
Ganti
b. Bantalan poros input atau output aus
Ganti
c. Bantalan pilot aus
Ganti
d. Poros atau roda gigi koclak berlebihan
Ganti cincin pendorong yang aus
e. Selongsong penyerempak aus
Ganti penyerempak dan roda gigi
f. Pasak poros input longgar atau patah
Ganti
g. Rumah kopling atau transmisi longgar
Kencangkan baut-baut pengikat
h. Transmisi tidak sejajar
Periksa kesejajarannya
4.   Terjadi benturan roda gigi
a. Penyerempak aus
Ganti
b. Kopling menggesek
Perbaiki kopling
c. Bantalan pilot atau poros input bengkok
Perbaiki bantalan atau poros
d. Kecepatan idle engine tinggi
Setel
e. Level pelumas rendah atau kualitas pelumas tidak sesuai
Isi dengan pelumas yang kualitasnya baik pada level yang sesuai
5.   Transmisi gaduh/kasar pada roda gigi
a. Cakram kopling rusak
Ganti
b. Celah antara roda gigi dengan poros utama berlebihan
Ganti roda gigi
c. Bantalan aus atau rusak
Ganti
d. Gigi pada roda gigi patah
Ganti roda gigi
e. Roda gigi pinion speedometer aus
Ganti
f. Penyerempak aus
Ganti
g. Bantalan pilot aus
Ganti
h. Level pelumas rendah
Isi pada level yang sesuai
i. Transmisi tidak sejajar
Periksa kesejajaran
j. Bantalan poros counter aus atau cincin menjepit
Ganti bagian-bagian yang aus
6.   Transmisi gaduh/kasar pada saat netral
a. Bantalan poros input aus
Ganti
b. Roda gigi aus atau patah
Ganti
7.   Transmisi gaduh/kasar pada saat mundur
a. Roda gigi idle mundur atau bos poros aus/rusak
Ganti
b. Roda gigi mundur pada poros utama aus/rusak
Ganti
c. Roda gigi counter aus atau rusak
Ganti
d. Mekanisme pemindah rusak
Perbaiki, ganti bagian-bagian yang rusak, setel kembali
8.   Tidak ada tenaga yang melewati transmisi
a. Kopling tidak menekan
Perbaiki kopling
b. Gigi pada roda gigi mengelupas
Ganti roda gigi
c. Garpu poros patah atau longgar
Ganti
d. Poros input atau output patah
Ganti
9. Oli transmisi bocor
a. Pelumas yang tidak tepat atau level pelumas yang terlalu tinggi sehingga terbentuk busa
Isi dengan pelumas yang sesuai dengan level
b. Gasket bocor
Ganti
c. Seal oli rusak
Ganti
d. Sumbat pengisi oli longgar
Kencangkan
e. Seal pinion speedometer bocor
Ganti seal
f. Box atau rumah ekstensi retak
Ganti
g. Box atau seal rumah ekstensi aus
Ganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar