Kamis, 13 Februari 2014

Penyebab proses pembakaran yang tidak sempurnanya pada mesin diesel



Nozlle Holder / nozzle (Injektor) tersumbat dan kualitas bahan bakar

tersumbatnya saluran injektor /nozle/nozzle holder oleh kotoran yang tercampur bahan bakar, sehingga proses pengabutannya tidak sempurna.
kualitas solar yang tidak bagus, semakin bagus kualitas solar semakin mudah terjadinya proses pembakaran, serta mesin akan awet


Air cleaner/Filter udara kotor

Jika filter udara ini kotor, kotoran bisa ikut terbawa kesistem bahan bakar dan menyebabkan penyumbatan. Jika filter udara sudah rusak, juga tidak akan bisa menyaring debu atau partikel lain yang juga bisa menyebabkan penyumbatan. Filter yang sudah kotor juga akan menghalangi oksigen masuk, dimana oksigen adalah sangat dibutuhkan pada semua pembakaran. Akibatnya pembakaran juga tidak akan sempurna. Periksa dan bersihkan filter udara secara rutin, misalnya  dua minggu sekali. Jika memang kondisinya sudah sangat tidak layak, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Oli yang masuk keruang bakar

Bisa disebabkan oleh seal klep/valve yang sudah aus/bocor, sehingga oli ikut terhisap kedalam ruang bakar pada saat langkah hisap. Oli tersebut akan ikut terbakar, sehingga asap knalpot lebih tebal dari biasanya.

ECU pada mobil diesel EFI

Perangkat Electronic Control Unit (ECU) yang sudah tidak akurat, bisa menjadi penyebab timbulnya asap hitam pekat dan getaran mesin. ECU adalah kontrol elektronik yang mengatur banyaknya bahan bakar yang disuplay ke  injektor.
Timing,pengabutan bahan bakar yang tidak tepat, campuran bahan bakar yang tidak sesuai akan membuat mesin seperti tersengal-sengal (pincang “bahasa bengkel jalanan”) dan menimbulkan getaran keras dan keluar asap yang hitam pekat.ECU adalah EFI pada mesin mobil diesel keluaran terbaru, jika mobil anda keluaran lama mungkin tidak menggunakan sistem bahan bakar EFI.

Fuel Filter/Saringan bahan bakar kotor

Jika Fuel filter kotor dan tersumbat, sudah pasti asupan bakar bakar tidak akan stabil. Hasilnya, proses pembakaran tidak akan sempurna. Mesin pun akan tersengal-sengal dan menimbulkan getaran keras dan asap hitam pekat. Bersihkan atau ganti saringan bahan bakar bersamaan dengan penggantian oli mesin, yaitu setiap jarak tempuh mobil sudah mencapai 5.000 kilometer.
Pada mobil diesel keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi common-rail direct injection. teknologi tersebut berfungsi untuk meningkatkan tekanan solar ke ruang bakar, sekaligus menghancurkan partikel-partikel di solar yang berukuran lebih besar.Hasilnya, proses pembakaran bisa berlangsung lebih sempurna dan asap pun semakin berkurang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar