Selasa, 11 Februari 2014

Kenapa Oli Mesin Cepat Habis dan Berkurang?



Jika mobil atau motor anda yang oli mesinnya cepat habis dan berkurang! ada beberapa hal yang wajib harus anda ketahui penyebabnya, diantara penyebab utama ialah sebagai berikut:
Seal mesin bocor
Hal ini terjadi karena adanya kebocoran oli pada seal packing yang berada disela-sela  bagian antar sambungan mesin. Baik motor bensin maupun diesel semuanya menggunakan seal diantara bagian sambungan mesin, lama kelamaan seal tersebut akan mengeras dikarenakan panas mesin. Pengerasan akan menimbulkan rawan terjadinya robek pada seal. Karena kobocoran yang terjadi tersebut, maka oli mobil akan menjadi berkurang. Untuk mengetahui seal bocor atau tidak itu cukup mudah, lihatlah bagian sambungan penutup mesin yang tampak sealnya, jika dibagian itu terdapat rembesan oli maka bisa dipastikan anda harus mengganti seal tersebut, pada beberapa kendaraan mobil dan motor tentu harus turun mesin. Jika pada bagian tersebut tampak kering itu berarti bukan dari kebocoran mesin namun beberapa penyebab yang lain.
Oli masuk keruang bakar
Hal ini disebabkan karena ring piston sudah aus, sehingga oli dapat terhisap dan masuk keruang bakar,salah satu cara agar ring piston awet adalah
Ø  periksalah berkala air cleaner, jika ada debu hendaknya dibersihkan sesuai dengan petunjuk manual book, ganti apabila sudak masanya ganti, hal ini penting karena udara yang masuk keruang bakar harus benar benar bersih
Ø  periksa saringan bahan bakar, jika sudah waktunya ganti sesuai petunjuk manual book harus diganti, penting karena campuran bahan bakar yang masuk keruang bakar harus bersih, jika unit kendaraan memakai sistem injeksi, maka lubang nozzle akan tersumbat, sehingga mesin tidak dapat bekerja secara optimal.
·         Mobil atau motor berasap putih.
o   Bila terjadi kebocoran pada ring piston akan membuat oli ikut terbakar pada saat mesin melakukan proses pembakaran. Kemudian dari knalpot akan mengeluarkan asap putih, yang menandakan oli bocor dan masuk kedalam ruang pembakaran.
·         Ring piston
o   Periksa juga ring piston, apakah masih dapat berfungsi dengan baik dalam hal menahan oli, dan mencegah oli agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Cara memeriksanya adalah dengan melakukan test kompresi dengan menggunakan alat compression tester.
o   Kondisi oli didalam mesin yang cepat habis akan menyebabkan komponen mobil menjadi cepat rusak dan bahkan jika sudah parah, Mobil bisa berhenti mendadak saat dikemudikan (ngejamp). Ada baiknya untuk memantau kondisi kendaraan anda secara rutin dan berkala. Mulai sekarang anda bisa memulai membiasakan untuk membawanya ke bengkel, untuk mengecek apakah tiap bagiannya berjalan dengan baik

Kualitas oli kurang bagus
Oli yang bagus tentu akan tahan terhadap panasnya mesin, bahkan jika sedang dipakai saat perjalanan super panjang misalnya saat mudik lebaran atau kendaraan travel yang setiap hari mesin kerja ekstra keras, dan oli yang tidak bagus dia akan cepat memuai karena tidak tahan panas. Oli yang kualitas buruk inilah yang menyebabkan berkurang dan cepat habis, mengalami pemuaian yang tanpa kita sadari, sesuaikannlah kualitas dan harga oli dengan mobil anda, jika mobil anda memiliki tingkat rutinitas tinggi tentunya anda juga sudah harus tahu untuk memilih oli kualitas terbaik dan mengganti secara teratur, jika mesin sudah rusak karena oli tentu akan butuh biaya lebih mahal lagi, lebih baik sedia payung sebelum hujan.
kenapa oli mobil cepat hitam dan kotor?         
This is the answer, mesin dalam kondisi baik pun yang namanya oli lama-kelamaan pasti hitam, kotor, dan berkurang, namun jika diatas batas kewajaran itu berarti ada yang harus dibenahi, penyebab utamanya adalah AIR CLEANER/FILTER UDARA, saringan udara yang sudah tidak mampu lagi menjadi penghalang dari debu dan kotoran masuk kedalam mesin, sering-seringlah membersihkan filter udara ini, jika sudah tidak memungkinkan maka perlu diganti dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar