Rabu, 27 Mei 2015

Cara setel klep hino 6 cylinder




Harus mengetahui FO atau firing order (biasanya tulisan FO terdapat pada cover cylinder head). Untuk FO hino 6 cylinder adalah 1-4-2-6-3-5

Menepatkan tanda panah pada housing fly wheel ke tanda pada fly wheel, Biasanya di fly wheel engine terdapat tanda 1.4 (itu berarti top 1 dan top 4) untuk 10 cylinder. Dan yang untuk 6 cylinder biasanya tanda 1.6 (itu berarti top 1 dan top 6). Nah tanda tersebut untuk menentukan mana yang harus disetel, top 1 atau top 6. 

Nah, untuk mengetahui top 1 atau top 6 yang harus disetel pada saat tanda 1.6 sudah tepat ke jarum penunjuk pada flywheel housing yaitu,,kita cek klep piston no 1 dan klep piston no 6, apabila klep in dan ex piston no 1 bebas semua/masih bisa digerakkan maka itulah top yang harus disetel duluan, dan apabila klep dicek kok masih belum bebas semua, maka flywheel harus diputar sebesar 360° atau satu putaran penuh sampai tanda 1.6 kembali seperti semula.

Untuk mengukur celah klep atau valve clearence biasanya menggunakan alat yang namanya fuller gauge, untuk hino celah klep ukurannya adalah : untuk klep yang in (inlet) : 0,30 mm. Dan klep yang ex (exhaust) : 0,40 mm pada saat kondisi mesin dingin.
Ada caranya untuk menentukan klep mana yang harus disetel duluan yaitu:
Cylinder no.
1
4
2
6
3
5
Valve arangement
in
ex
in
ex
in
ex
in
ex
in
ex
in
ex
No. of valve
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
With no.1 piston at T.D.C






With no.6 piston at T.D.C







Jadi klep yang harus disetel pada top 1 adalah :
Cylinder no 1 klep in dan klep ex
Cylinder no 2 klep in
Cylinder no 3 klep in
Cylinder no 4 klep ex
Untuk cylinder no 5 dan 6 klep nya tidak disetel, nanti pada saat top 6 dengan cara memuter fly wheel satu putaran penuh dan kembali pada tanda 1.6

Dan untuk top 6 klep yang harus didetel adalah :
Cylinder no 2 klep ex
Cylinder no 3 klep ex
Cylinder no 4 klep in
Cylinder no 5 klep in dan klep ex
Cylinder no 6 klep in

Jangan lupa : celah klep ukurannya adalah : untuk klep yang in (inlet) : 0,30 mm. Dan klep yang ex (exhaust) : 0,40 mm pada saat kondisi mesin dingin.

Mungkin ini saja yang dapat saya bagikan ilmu yang saya miliki pada hari ini, apabila ada yang salah mohon dikoreksi dan dimaafkan,,namanya juga manusia bos..

23 komentar:

  1. Bagai mana bisa dipastikan titik titik merah bulat itu diposisi yg anda buat itu benar

    BalasHapus
  2. Cylinder no 6 klep ex nya ga di setel.

    BalasHapus
  3. Setau saya top 1 yg disetel 1in 1x 4x 2x, 3in 5in

    BalasHapus
  4. kenapa ukuran y harus lebih kecil dari ex mas

    BalasHapus
  5. Untuk mitsubihisi 220 6 cilinder ukuran klep.y brpa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah stel klep
      Top 1: 1(in/ex), 2(in),3(ex),4(in),5(ex)

      Top 6: 6(in/ex),5(in),4(ex),3(in),2(ex).

      Gmn mas pndapatnya,

      Hapus
    2. Betul sekali mas,cara ini yg lebih mudah dan sering di pakai mekanik

      Hapus
    3. Klo gak salah itu setelan utk fo 153624

      Hapus
  6. Mabuk kah anda yg punya link ini.... salah besar tau

    BalasHapus
  7. Bagaimana utk mencari FO mesin Hino V22C 10 silinder gan

    BalasHapus
  8. Bagaimana utk mencari FO mesin Hino V22C 10 silinder gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Top1;klep yg distel(1,2,3,6,7,10) & setelah di putar 360 derajat. Top6;klep yg distel(4,5,8,9,11,12)

      Hapus
  9. Bang kalau ukuran klepnya lebih gede,apa tenaganya lebih kuat

    BalasHapus
  10. Apa gak bikin hancur mesin utk FO 142635 min...klu penyetelan klepnya kayak diatas...

    BalasHapus
  11. Masak top piston no 1....klep piston no 6 disetel jg....

    BalasHapus
  12. yg benar itu
    top 1 ,no 1 in-ex,2 ex,3 in,4 ex,5 in,6 over lap
    top 2, no 1 over lap,2 in,3 ex,4 in,5 ex,6 in-ex...260 ti JD J08E

    BalasHapus
  13. Kalau untuk cari top dan cara stel klep pada mesin HINO K13C bagai mana ya?..

    BalasHapus