sebagai orang awam atau yang tidak mengerti tentang tekhnik pasti bingung,,sebenarnya fungsi utama dari gardan itu apa? nah, kali ini akan saya terangkan senagian kecil dari fungsi gardan.
Gardan merupakan komponen kendaraan yang berperan untuk meneruskan tenaga yang
dihasilkan dari mesin ke poros roda. Fungsi Differential adalah sebagai berikut:
1. Untuk merubah
arah putaran mesin, posisi mesin pada mobil truck atau
khusunya mobil yang menggunakan as propeller
shaft/couple, memiliki posisi mesin yang memanjang
ke depan . Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah
putaran roda. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi
searah dengan arah putaran roda.
2. Untuk memperbesar
momen : Momen adalah tenaga putaran dari
sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen.
Seperti kita ketahui bahwa saat mesin putarannya idle/stasioner memiliki
kecepatan minimal 600 rpm. Maksudnya adalah dalam satu menit poros engkol
berputar 600 kali. Sedangkan pada kecepatan tinggi memiliki kecepatan hingga
12.000 rpm, berarti poros engkol berputar 12.000 kali dalam 1 menit. Agar
tenaga dari poros engkol ini menjadi besar, maka kecepatan putaran dari poros
engkol ini harus diperlambat. Di sisnlah gardan memperlambat kecepatan putaran
dari poros engkol tersebut, sehingga tenaga putar atau momen menjadi besar dan
mobil dapat bergerak atau berjalan.
3. Untuk
membedakan putaran roda antara kanan dan kiri pada saat berbelok : Pada saat belok, putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat
daripada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat
berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan
selalu sama, maka mobil tak akan membelok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar