Sabtu, 20 Februari 2016

Macam-macam Gangguan/Kerusakan Transmisi Manual

1.   Pemindahan antar gigi sulit
a. Poros persneling atau penyambung bengkok 
b. Kabel kopling tidak disetel dengan baik 
c. Garpu persneling aus 
d. Poros persneling aus 
e. Roda gigi atau selongsong synchronizer macet pada poros atau pemutarnya 
f. Cincin atau pegas  penyerempak aus 
g. Gigi eksternal aus atau mengelupas 
h. Poros input atau bantalan pilot bengkok 
i. Level pelumas rendah 
j. Menggunakan pelumas yang tudak sesuai


2.   Transmisi macet pada salah satu gigi  
a. Poros persneling atau penyambung bengkok 
b. Penekan persneling macet 
c. Kopling tidak terbatas
d. Penyerempak macet
e. Level pelumas rendah 

3.   Transmisi melompat antar gigi
a. Pegas penekan lemah
b. Bantalan poros input atau output aus
c. Bantalan pilot aus
d. Poros atau roda gigi koclak berlebihan
e. Selongsong penyerempak aus
f. Pasak poros input longgar atau patah
g. Rumah kopling atau transmisi longgar
h. Transmisi tidak sejajar

4.   Terjadi benturan roda gigi
a. Penyerempak aus
b. Kopling menggesek
c. Bantalan pilot atau poros input bengkok
d. Kecepatan idle engine tinggi
e. Level pelumas rendah atau kualitas pelumas tidak sesuai

5.   Transmisi gaduh/kasar pada roda gigi
a. Cakram kopling rusak
b. Celah antara roda gigi dengan poros utama berlebihan
c. Bantalan aus atau rusak
d. Gigi pada roda gigi patah
e. Roda gigi pinion speedometer aus
f. Penyerempak aus
g. Bantalan pilot aus
h. Level pelumas rendah
i. Transmisi tidak sejajar
j. Bantalan poros counter aus atau cincin menjepit

6.   Transmisi gaduh/kasar pada saat netral
a. Bantalan poros input aus
b. Roda gigi aus atau patah

7.   Transmisi gaduh/kasar pada saat mundur
a. Roda gigi idle mundur atau bos poros aus/rusak
b. Roda gigi mundur pada poros utama aus/rusak
c. Roda gigi counter aus atau rusak
d. Mekanisme pemindah rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar