Selasa, 28 Januari 2014

Volume silinder dan perbandingan kompresi

Volume Silinder
Volume silinder adalah kapasitas dari ruang silinder motor. Pada mesin otomotif, digunakan satuan centimeter kubik (cm3) atau cc dan liter (L). semakin besar isi silinder motor, semakin besar pula tenaga yang dihasilkan oleh motor tersebut. tetapi efeknya konsumsi bahan bakar akan menjadi banyak. (catatan : 1L = 1000 cm3 = 1000cc = 1000 ml)
Volume silinder didapat dari perhitungan luas permukaan lubang silinder dikali dengan panjang langkah piston dari TMA ke TMB atau dari TMB ke TMA.
VS = A x T atau
      = (phi x (d/2)kuadrat) x T
VS = Volume Silinder
A   = Luas permukaan lubang silinder
T    = Stroke atau panjang langkah piston
D   = Bore atau diameter silinder
 
Volume Total Silinder
Dalam konstruksi mesin, bisa terdapatlebih dari satu silinder. Besarnya volume dari masing-masing silinder tersebut harus sama. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja dari mesin, seperti memperbesar tenaga mesin dan memperhalus putaran mesin. Volume silinder untuk mesin yang menggunakan lebih dari satu silinder adalah volume total dari jumlah semua volume silindernya.
VT = A x T atau
      = {(Phi x (D/2)kuadrat) x T} x Z
VT = VS x Z
VT = Volume Total
Z   = jumlah silinder
 
Perbandingan Kompresi
Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume ruang silinder atau volume silinder saat piston berada di posisi TMB, dengan volume ruang bakar atau volume silinder saat piston berada pada posisi TMA. Semakin besar perbandingan kompresi, maka tekanan dan temperatur diruang silinder pun akan tinggi, serta ledakan pembakaran akan semakin besar. Akan tetapi hal itu harus diimbangi dengan konstruksi mesin dan kualitas bahan bakar yang baik.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar